Kampung Inggris, Pare

10:00 PM

Belajar yang paling enak itu, yang bisa dilakukan sambil liburan. Ga heran kalo kampung inggris adalah salah satu tempat belajar sambil liburan yang banyak dikunjungi. Kampung inggris atau yang terkenal juga sebagai kampung bahasa terletak di desa tulungrejo, kecamatan pare, kabupaten kediri, jawa timur.

Konon katanya, di pare ada 150 lembaga kursus bahasa inggris. Semua bisa dipilih sesuai suasana kantong dan hati yang mau belajar. Kalo kantong dan hati lu senang, lu bisa pilih lembaga kursus yang bertarif 100ribuan – 300ribuan. Tenang aja, yang bertarif dibawah 100ribu juga banyak. Bahkan ada yang 30ribuan dan gratis. Menurut info sih ada lembaga yang menggratiskan biaya kursus, asal nanti jadi pengajar di lembaga itu. Lama belajar disini ada yang dwi mingguan (tiap tanggal 10 & 25), sebulanan,  3 bulanan, dan 6 bulanan.



Elfast Pare, Kediri
Elfast Pare, Kediri
Sumber: dokumen Uut
Kualitas tempat kursus di kampung inggris pun saling bersaing, bedanya tipis-tipis. Susah kalo mau banding-bandingin antar lembaga. Bedanya paling di program unggulan masing-masing lembaga. Misal, Elfast katanya unggul di grammar, Daffodil sama Mr.bob katanya unggul di speaking, semua itu cuma katanya-katanya dan katanya. Kenyataannya program mereka yang lain juga bagus-bagus.
Selama satu bulan kemaren gue ngerasain nih ngelmu di pare bareng sama aji dan adek gue. Gue sama aji ngecamp di Elfast camp dan ambil program di Elfast. Adek gue si uti, ambil camp dan program di Global English. Gue dan adek gue sengaja ambil tempat yang beda biar bisa bandingin (sebenernya sih biar ga bareng aja).

Si uti ambil program satu bulan di GE, gue sama aji ambil 2 program dwi mingguan di elfast. Gue ga ambil sebulanan karena niatnya mau cari info dan coba tempat kursus lain. Setelah mencari dan melakukan pertimbangan masak-masak sampai mateng dan dimakan, gue memutuskan untuk ambil program lanjutan di Elfast juga.

Talk More Elfast
Talk More Elfast
Sumber: dokumen Uut

Di 2 minggu pertama gue ambil ‘Talk More’ dan ‘Grammar for Speaking 1’. Periode selanjutnya gue ambil ‘Shocking English’ dan ‘Speaking Therapy. Kata orang-orang sih elfast bagusnya di grammar, tapi gue malah ambil speaking.. Hahahha :D

*Kata orang-orang ga selalu benar kok, kata-kata gue juga belum tentu bener :D

Grammar For Speaking Elfast
Grammar For Speaking Elfast
Sumber: dokumen Uut
Kenapa gue ambil di Elfast? Karena di elfast tempat belajarnya enak. Terutama buat cowo-cowo yang ga pernah menang lomba bangun pagi sama ayam. Tempat kursus dan camp cowo itu jaraknya cuma satu tarikan nafas. Sebelom sempet lu hembusin tuh napas juga udah sampe. Deket banget lah, bisa diitung dengan berbagai ukuran tidak lazim. Kaya semuncratan bersin, selemparan kolor, atau sesentilan upil, dan sebagainya. Gampang banget kalo kesiangan, tinggal ambil tas yg isinya sikat gigi, sabun cuci muka, dan buku. Ke kamar mandi buat gosok gigi dan cuci muka di depan keran, selesai dan langsung bisa masuk kelas dengan segar dan ceria.

Shocking English
Shocking English
Sumber: dokumen Uut
Tempatnya juga enak buat yang suka jajan. Depan Elfast ada dua warung makan yang menantimu singgah dari pagi sampe abis maghrib, dua tukang jus yang dipisahkan oleh tukang kebab, tukang jamur crispy yang jual pulsa juga, tukang pentol yang jaraknya bersebrangan dengan es campur bang Dul alias Tompi, dan gak kalah ngehits ada Cafe Jendela Mimpi yang rutin bikin acara seru.

Kamar di ELFAST Camp
Kamar di ELFAST Camp
Sumber: dokumen Uut
Camp Elfast cowo dan cewe ada di tempat terpisah. Khusus buat cowo ada di dalem komplek kursus, sedangkan yang cewe tersebar di Orchid, Damsel, Griya Kemuning, dan Logico yang lokasinya ga jauh dari tempat kursus. Setiap malam ada program camp di camp masing-masing. Spesial di hari sabtu ada program camp bersama, belajar langsung dari native speaker.

Oh iya di Elfast ini banyak varian program kursus yang bisa dipilih. Ada yang khusus speaking, TOEFL, IELTS, dan macem-macem. Yang banyak diambil sih namanya Basic Program 1 & 2, cocok buat kalian yang mau belajar basic. Gue sih ga ambil itu karena terlalu menyita waktu, lagipula gue udah ga di level basic :p

Setelah Elfast kita lanjut ke Global english. Di global English programnya banyak bangeeeet. Maklum lah semua ada tingkatannya, jadi makin bikin pusing kalo mau pilih. Kalo gatau mau pilih yang mana, disini ada tukang test kok. Dia bakal test lu dan menyarankan masuk di level yang mana. Btw ada kenangan lucu di tahap test ini. Waktu itu si uti minta saran ke gue buat pilih program apa, dan gu bilang “ambil speaking ti, penting tuh” si uti bales gini “alah speaking mah gue bisa, lagian di kampus juga belajar”. sok banget die, terus dia konsultasi ke mba registrasi dan disarankan buat test. Setelah test gue tanya “jadi ambil apa aja lu? Speaking lu gimana?” sambil mesem-mesem si uti bilang “speaking gue level 1” hahahahha mamam tuh bisa.

Global english punya banyak camp yang tersebar di kampung inggris. Kalo gak percaya lu keliling aja di kampung inggris pasti bakal sering nemu rumah yang ada spanduk GE, dari pinggir jalan sampe pinggir sawah ada. Gue gatau pasti jarak dari camp ke tempat belajarnya, karena gatau juga belajarnya dimana. Kata uti sih banyak tempat, tapi gatau juga deh gue.

Selain Elfast dan Ge, ada beberapa lagi tempat kursus yang menurut gue bisa jadi bahan pertimbangan. Tapi singkat-singkat aja yeh, ntar kepanjangan.

Peace, tempat kursus yang banyak dipilih karena harga nya sejuk di kantong. Programnya juga bagus, lokasi stretegis, pinggir jalan, kamar mandi dalem, pokoknya gampang nemunya. Banyak temen gue pilih disini diperiode kursus kedua mereka, saat duit harus diirit supaya bisa jalan-jalan dan tetap dapet pembelajaran bagus. Tapi menurut gue tempatnya kurang enak karena sempit dan di pinggir jalan banget.

Kresna, lebih murah dari peace. Dengan biaya 38ribu lu udah bisa ambil program kursus disini. Buat yang suka belajar tanpa gangguan suara mobil lewat, ini salah satu pilihan buat lu. Kualitas juga bersaing lho meskipun harganya murah, muridnya aja banyak banget, tempatnya juga lebih gede dari peace. Tapi gue gasuka karena gowesnya jauh dari camp gue dan kewat kuburan. Hehehe

Ketan Susu deket Daffodil Pare
Ketan Susu deket Daffodil Pare
Sumber: dokumen Uut
Daffodil, katanya sih ahlinya program speaking. Katanya loh, tapi kan nanti balik lagi ke kalian yang belajar, biarpun ditangani ahli kalo kalian ga serius atau lemot ya ga iso-iso. Ada temen gue yang belajar sebulan disitu tapi masih ga pinter2. Hahaha. Daffodil ini tempatnya enak lho, di pinggir sawah. Ga jauh dari situ ada tempat makan terkenal yang biasa jadi tempat nongkrong anak-anak muda, warung makan annur, warung bu tin, dan ketan susu (yang ga pernah bikin gue nyesel udah sepedahan jauh2 dari elfast). Oh iya soal harga kursus disini termasuk laham, dari 150 sampe 200. Tapi harga jarang bohong kok. Hahaha

Kalo ke kampung inggris gatau BEC dan HEC mah bohong. Itu lembaga yang katanya punya hubungan khusus. Katanya HEC itu anaknya BEC, gatau deh anak darimana. Pokoknya orang-orang pasti tau 2 kursusan ini.

Selain itu ada juga Mr.Bob katanya sih isinya anak-anak gahul. Sayang harganya mahal, jadi ga bisa ikutan gahul disini deh ..huffft. lokasinya di pinggir jalan kok, dan kalian ga akan susah nyarinya, pokoknya di jalan brawijaya akan ada plang gede tulisannya mr.bob, nah disitu tuh tempatnya.

Multi Talenta English Club (MTec Camp)
Multi Talenta English Club (MTec Camp)
Sumber: dokumen Uut
Tempat kursus mulu daritadi, sekarang bahas camp ah. Ada tempat camp yang enak banget menurut gue. Dekat sawah, jauh dari jalan raya, tapi tetap ada warung buat jajan dan makan. Cocok lah buat istirahat sambil belajar. Nama tempat itu adalah Multitalenta Camp, camp paling seru dan enak buat istirahat, bergaul, dan lancarin speaking tanpa malu atau takut salah. Tanpa malu atau takut salah karena penghuni campnya terbatas, jadi kalian akan punya kedekatan lebih antar penghuni camp dibanding camp lain yang penghuninya banyak. Kalian akan dibantu penghuni lain kalo bahasa inggrisnya salah. Konon nih, pas bersin juga harus pake bahas inggris. Tutor di campnya juga asik-asik, kalian bisa bertanya dan diajari apapun sama mereka, termasuk diajari ngaji. Camp ini punya program belajar ngaji buat yang belom lancar ngaji, selain itu tiap sore camp ini juga jadi tempat belajar ngaji bocah sekitar. Keren kaaan, dunia akhirat bisa dipelajari disini.

Banyak lagi kursusan dan camp yang ga bisa ditulis karena gue udah ngantuk, ada Test, Oxford, Eace, The Master, Access ES, dan lain-lain.

Mungkin gue bisa bantu jawab pertanyaan lu tentang kampung inggris disini atau di twitter @putrarizkhy juga boleh. ciaaaoooo

Artikel Terkait

0 komentar

Subscribe